Anda sedang menggunakan mode :

Mengatur Asosiasi Berkas (File Association) Pada Ubuntu

0

Written on 08.01 by Muharrom, Muhammad Aji

 Jika Anda ingin memainkan salah satu file film Anda di Ubuntu, secara default Ubuntu akan membukanya dalam media player bawaannya. Jika Anda ingin memainkannya dalam player lain, misalnya VLC Media Player (yang telah di-instal sebelumnya), maka secara default kita harus klik kanan, lalu Open with VLC Media Player. Lalu, bagaiman jika kita ingin memainkannya di player lain tanpa klik kanan? Bagaimana caranya agar kita dapat membukanya di player lain dengan double-click biasa?

Satu jawabannya, mengubah asosiasi berkas (file association)! Sama seperti Window$, Ubuntu juga menggunakan sistem file association untuk membuka file-nya.

Mengganti file association sebenarnya cukup mudah. Untuk melakukannya, kita cukup melakukan beberapa klik Pertama, cari file dengan tipe yang ingin anda rubah program untuk membukanya (misal: file flv). Kedua, klik kanan pada file tersebut. Kemudian, pada tab Open with, di sana akan tercantum program yang biasa Anda pakai untuk membukanya. Untuk merubah asosiasi, tinggal pilih saja program mana yang ingin Anda gunakan dengan klik nama program tersebut satu kali, sehingga tombol radio berpindah pada file tersebut. Jika tidak tercantum, Anda bisa browse atau ketik command untuk membuka program tersebut. Terakhir, klik OK.

Cukup mudah, 'kan? Hanya dengan beberapa klik, asosiasi file dapat dirubah. Dengan ini, Anda tidak perlu kesulitan lagi membuka file dalam program favorit Anda, 'kan? Cukup double-click saja seperti biasa. :D

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

No Comment

Posting Komentar