Anda sedang menggunakan mode :

File Association pada Ubuntu dengan Program exe

0

Written on 08.15 by Muharrom, Muhammad Aji

Seperti yang kita tahu, saat ini kita sudah dapat membuka program Window$ pada OS linux. Kita hanya perlu satu program tambahan, yaitu Wine, untuk melakukannya.

Akan tetapi, untuk membuka file selain .exe, biasanya Linux sudah menyediakan program lain. Lantas, bagaimana jika kita lebih nyaman dengan menggunakan program yang biasanya kita gunakan pada Window$. Apakah setiap saat akan membuka file harus dilakukan dengan klik kanan --> Open With Wine?

Tidak, tentu saja tidak! Kita bisa merubah file association-nya. Dengan cara yang hampir sama dengan cara yang telah saya tuliskan sebelumnya. Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:
  1. Klik-kanan pada file yang ingin selalu dibuka dengan program window$.
  2. Klik open with
  3. Nah, perbedaannya dengan cara sebelumnya ada di bagian ini. Jika di artikel sebelumnya tinggal pilih dari daftar program, jika dengan cara ini saya yakin program tersebut tidak tersedia. Untuk membuka file itu dengan program yang tersedia, caranya cukup mudah, yaitu tinggal klik Browse (atau semacamnya, saya lupa), lalu di kolom enter command (atau semacamnya), silahkan ketik seperti ini      "wine %direktori program tersebut%. Misalnya, program tersebut ada di /media/disk/Program Files/K-Lite Codec Pack/Media Player/mpc.exe, maka perintah yang harus dimasukkan ialah "wine /media/disk/Program Files/K-Lite Codec Pack/Media Player/mpc.exe" (tanpa tanda petik).
  4. Jika Anda melakukannya dengan benar, pasti dalam daftar program terdapat nama wine tanpa simbol, pilih saja program itu.
  5. Klik OK.
Sekarang, file association pada file type itu telah diubah. Coba Anda klik dua kali file tersebut. Saya yakin, file Anda akan terbuka dengan program window$ yang telah Anda pilih.
 

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

No Comment

Posting Komentar