Anda sedang menggunakan mode :

Merubah ukuran root pada ubuntu dengan GParted

0

Written on 07.08 by Muharrom, Muhammad Aji

Merujuk pada artikel saya sebelumnya yaitu Instal Ubuntu dual-boot dengan WinXP, saya menemukan masalah dalam ubuntu yang saya instal, yaitu masalah ukuran partisi root. Partisi ini sangat penting, karena sistem ubuntu di-instal di sini (setau saya). Nah, karena itu, jika partisi ini ber-ukuran kecil, ubuntu tidak akan berjalan dengan baik. Contoh masalah adalah tidak bisa update ubuntu dan mozilla firefox sering tertutup sendiri.

Untuk mengatasi masalah-masalah itu kita dapat merubah ukuran partisi root itu sendiri. Alat yang dibutuhkan hanya satu, yaitu GParted LIVE CD yang cd-image-nya dapat Anda download secara gratis dari sini. Setelah Anda download file .iso tersebut, burn file tsb. ke CD. Lalu, untuk merubah ukuran partisi root, Anda dapat melakukan langkah-langkah di bawah ini:

1. Boot dengan GParted LIVE CD.
2. Waktu disuruh milih opsi2 boot, pilih yang default aja deh, langsung enter.
3. Pada partition manager yang langsung tampil, cari partisi yang free space-nya masih besar. Lalu ubah ukurannya dengan klik resize / move. Tentukan sendiri ukuran barunya kira-kira mau dikurangi berapa buat nambah root.
4. Setelah itu, cari partisi tempat instal ubuntu. Kalo nggak tau, cari aja yang filesystem-nya ext3. Sama seperti tadi, ubah ukurannya dengan klik resize / move. Saya sarankan New Size-nya Anda tentukan dengan ukuran maksimum yang telah tertulis. Ini berguna supaya root jadi besar dan gak perlu resize lagi.
5. Klik apply changes.

Nah, simpel kan. Tinggal tunggu deh. Setelah proses selesai, ketik reboot agar komputer restart, lalu coba masuk ke ubuntu. Sekarang, coba lihat di status bar, ukuran free space pasti nambah deh.

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

No Comment

Posting Komentar